Iklan

Iklan

,

Iklan

Dalil Shahih Dzikir Berjama'ah Untuk Kalangan Wahabi

3 Des 2015, 01:40 WIB Ter-Updated 2024-09-12T14:50:33Z
Download Ngaji Gus Baha
hukum dzikir berjamah dan dalil dzikir keras
Ilustrasi dzikir berjamaah. Foto: istimewa.


Dutaislam.or.id - Kelompok Wahabi Salafi dengan simbol "Penegak Sunnah" melarang dzikir berjamaah dan juga melarang menggunakan tasbih dengan berhujah menggunakan atsar yang mengatasnamakan Ibnu Mas'ud. Padahal, atsar tersebut telah ditetapkan sebagai atsar dhaif oleh para Imam (muhaddist).


Sebelum menjelaskan perkataan para Imam mengenai dhaifnya atsar tersebut, mari kita lihat terlebih dahulu sanad-sanad atsar ini supaya jelas tentang status dan kedudukan atsar yang sering dijadikan sandaran oleh mereka yang mengingkari dzikir berjamaah dan penggunaan tasbih.


Mereka dengan lantang membid'ahkan dzikir berjamaah dengan atsar ini di setiap tempat dan kesempatan. Sedangkan mereka mengingkari orang lain yang bersandar pada hadits atau atsar dhaif.


Namun, ketika hadits dhaif dapat menguatkan pendapat mereka, mereka berhujah dengannya, meskipun atsar dhaif ini bertentangan dengan banyak hadits yang shahih. Itulah sifat dan watak Ahlu Batil yang tidak mau menerima kebenaran.


Mari kita mulai dengan menyebutkan sanad-sanad atsar ini:


A. ATSAR PERTAMA

Telah meriwayatkan atsar ini Imam Abdur Razaq dalam Musannaf-nya, dan At-Thabrani dalam Mu'jam Al-Kabiir, berkata Imam At-Thabrani:


حدثنا إسحاق بن إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق عن جعفر بن سليمان أنا عطاء بن السائب لا أعلمه إلا عن أبي البختري قال بلغ عبد الله بن مسعود : أن قوما يقعدون من المغرب إلى العشاء يسبحون يقولون: قولوا كذا، وقولوا: كذا قال عبد الله: إن قعدوا فآذنوني، فلما جلسوا أتوه، فانطلق فدخل معهم فجلس وعليه برنس، فأخذوا في تسبيحهم فحسر عبد الله عن رأسه البرنس وقال: أنا عبد الله بن مسعود. فسكت القوم فقال: لقد جئتم ببدعة وظلماء، أو لقد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما، فقال رجل من بني تميم: ما جئنا ببدعة ظلماء ولا فضلنا أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما. فقال عمرو بن عتبة بن فرقد أستغفر الله يا بن مسعود وأتوب إليه فأمرهم أن يتفرقوا.


Terjemah:

Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dari Abdur Razaq dari Ja’far bin Sulaiman, aku (‘Atha’ bin As-Saib) tidak tahu kecuali dari Abu al-Bakhtari. Beliau berkata: “Ada yang melaporkan kepada Ibnu Mas’ud bahwa ada sekelompok orang duduk-duduk dari Maghrib sampai Isya, mereka membawa tasbih, dan mereka berkata, ‘Ucapkanlah anu, bacalah anu.’ Maka Ibnu Mas’ud berkata, ‘Kalau mereka duduk berkumpul lagi, maka beritahu aku!’.”


Ketika kelompok itu mulai duduk berkumpul, Ibnu Mas’ud pergi ke tempat perkumpulan mereka lalu masuk dan duduk bersama mereka. Ia mengenakan barnas (jubah dengan tudung kepala). Lalu Ibnu Mas’ud mengambil tasbih mereka, dan ia menurunkan tudung kepala barnas seraya berkata, “Saya Ibnu Mas’ud.”


Maka orang-orang di tempat itu terdiam. Lalu Ibnu Mas'ud berkata, “Kalian telah melakukan bid’ah dan kedzaliman atau kalian telah melebihi ilmu para sahabat Rasulullah SAW.”


Seorang lelaki dari Bani Tamim berkata, “Kami tidak melakukan bid’ah, kedzaliman, ataupun melebihi ilmu sahabat Rasulullah SAW.”


Lalu Umar bin ‘Atbah bin Farqad berkata, “Aku memohon ampun kepada Allah, wahai Ibnu Mas’ud, dan aku bertaubat kepada-Nya.” Kemudian Ibnu Mas’ud menyuruh mereka bubar.


Para perawi dalam sanad ini adalah:


1. Ishaq bin Ibrahim Ad-Dabari.

Ia seorang yang shaduq (sangat jujur). Namun, beliau mendengar atsar tersebut dari Abdur Razaq setelah mengalami ikhtilat (rusaknya hafalan/pikun).


Ishaq bin Ibrahim Ad-Dabari mendengar atsar tersebut dua tahun sebelum wafatnya Abdur Razaq. Dan pada waktu itu, usia Ishaq Ad-Dabari baru 4 atau 5 tahun. Abdur Razaq wafat ketika Ishaq berusia antara 6-7 tahun.


Berkata Al-Allamah Ibrahim bin Musa Al-Anbasi dalam As-Syada Al-Fayah Min Ulumi Ibnu Sholah (2/747):


قلت : وقد وجدت فيما روي عن الطبراني عن إسحاق بن إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق أحاديث استنكرتها جداً، فأحلت أمرها على ذلك، فإن سماع الدبري منه متأخر جداً، قال إبراهيم الحربي مات عبد الرزاق وللدبري ست سنين أو سبع سنين.اهـ


Terjemah:

Aku menemukan banyak hadits munkar yang diriwayatkan dari At-Thabrani dari Ishaq bin Ibrahim Ad-Dabari dari Abdur Razaq. Karena Ishaq mendengar dari Abdur Razaq pada akhir hayatnya, ketika ia sudah mengalami ikhtilat. Ibrahim Al-Harbi berkata, “Abdur Razaq wafat ketika Ishaq masih berusia 6-7 tahun.”


2. Ja'far bin Sulaiman Adh-Dhab'i

Beliau mendengar dari Atha' bin Saib setelah Atha' mengalami ikhtilat (kerusakan hafalan). Sebagaimana ditetapkan oleh Adz-Dzahabi dalam Al-Kawakib An-Nayyirat halaman 61:


حكموا بتوثيقه – أي عطاء - وصلاحه وباختلاطه، اختلط في آخر عمره قال أحمد بن حنبل ثقة رجل صالح من سمع منه قديما فسماعه صحيح ومن سمع منه حديثا فسماعه ليس بشيء ... وممن سمع منه – أي من عطاء - أيضا بأخرة من البصرين جعفر بن سليمان الضبعي.اهـ


Terjemah:

Para muhaddis menetapkan bahwa Atha’ tsiqah (terpercaya) dan shaleh, namun ia mengalami ikhtilat di akhir hayatnya. Imam Ahmad bin Hanbal berkata, "Siapa yang mendengar darinya sebelum ikhtilat, maka riwayatnya shahih. Namun siapa yang mendengar darinya setelah ikhtilat, riwayatnya tidak bernilai. Di antara yang mendengar darinya setelah ikhtilat adalah Ja'far bin Sulaiman Adh-Dhab'i."


3. Riwayat 'Atha' bin saib dari abi al-bakhtari adalah dlaif.


Berkata Adz-Dzahabi dalam al-Kawakib An-Nayyirat halaman 61:


وقال إسماعيل بن علية: قال لي شعبة: ما حدثك عطاء عن رجاله زاذان وميسرة وأبي البختري فلا تكتبه، وما حدثك عن رجل بعينه فاكتبه. ـ


Terjemah:

Berkata ismail bin aliyah. Telah berkata syu'bah kepadaku: "Apa yang di riwayatkan 'Atha' kepadamu dari rijal (perawi-perawi) bernama Zadzan dan Maisarah dan Abi Al-Bakhtari, maka janganlah kamu menulisnya, dan apa yang diceritakan  dari rajul (perawi) yakni dirinya maka tulislah."


Dengan alasan di atas, maka tidak mungkin atsar-atsar tersebut berstatus shahih. 


B. ATSAR KEDUA

Diriwayatkan oleh Ibnu Wadhah al-Qurtubi dalam kitab Al-Bid'u wan-Nahyu 'Anha halaman 21:


قال : أنا أسد عن جرير بن حازم عن الصلت بن بهرام قال : مر ابن مسعود بامرأة معها تسبيح تسبح به فقطعه وألقاه ، ثم مر برجل يسبح بحصى فضربه برجله، ثم قال : لقد سبقتم، ركبتم بدعة ظلماً، أو لقد غلبتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً.


Terjemah:

Dari Asad dari Jarir bin Hazim dari Ash-Shalat bin Bahram, beliau berkata: Ibnu Mas’ud melihat seorang wanita yang bertasbih menggunakan tasbih, lalu beliau memotong tasbihnya dan membuangnya. Kemudian, beliau juga melewati seorang laki-laki yang bertasbih menggunakan kerikil, lalu memukulnya dengan kakinya seraya berkata: "Kamu telah mendahului (Rasulullah) dengan melakukan bid’ah yang zalim, atau kamu merasa lebih tahu dari para sahabat Nabi Saw".


Sanad riwayat ini dhaif karena inqitha' (terputus) antara Ash-Shalat bin Bahram dan Ibnu Mas’ud. Karena Ibnu Mas'ud wafat di Madinah pada tahun 32 H, sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Hajar dalam kitab Al-Ishabah. Sementara Ash-Shalat bin Bahram adalah seorang tabi' tabi'in (hidup setelah masa para tabi'in).


Maka, tidak mungkin ia mendapat riwayat langsung dari para sahabat yang hidup pada masa akhir, apalagi dari Ibnu Mas’ud yang wafat pada masa khalifah Umar bin Khattab ra.


Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Hajar dalam At-Tahdzib 4/432. Atsar ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Wadhah al-Qurthubi dari jalur Aban bin Abi Ayyas. Aban bin Abi Ayyas adalah seorang pendusta (kadzab).


Dalam Jarh wat Ta'dil 1/134, Ibnu Abi Hatim berkata begini:


قال شعبة: لأن أرتكب سبعين كبيرة أحبَّ إليَّ مِنْ أن أحدث عن أبان بن أبى عياش


Terjemah:

Syu'bah berkata: "Seandainya aku melakukan 70 dosa besar, itu lebih aku sukai daripada meriwayatkan hadits dari Aban bin Abi Ayyas."


Dalam kitab Ad-Dhu'afa wal Matrukin (hlm. 14), An-Nasa'i berkata:


أبان بن أبي عياش متروك الحديث وهو أبان بن فيروز أبو إسماعيل


Terjemah:

"Aban bin Abi Ayyas adalah seorang yang haditsnya ditinggalkan (Matruk), dia adalah Aban bin Fairuz Abu Ismail."


C. ATSAR KETIGA

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Wadhah al-Qurtubi dalam Kitab Al-Bid'u wan-Nahyu 'Anha halaman 11, seperti berikut:


قال: أنا أسد عن عبد الله بن رجاء عن عبيد الله بن عمر ، عن يسار أبي الحكم أن عبد الله ابن مسعود حدث : أن أناساً بالكوفة يسبحون بالحصى في المسجد فأتاهم وقد كوم كل رجل منهم بين يديه كومة حصى ، قال : فلم يزل يحصبهم بالحصى حتى أخرجهم من المسجد ، ويقول : لقد أحدثتم بدعة ظلماً ، أو قد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً.


Terjemah:

Dari Asad dari Abdullah bin Raja dari Ubaidillah bin Umar dari Sayyar Abi Al-Hakam. Bahwa Abdullah bin Mas'ud menceritakan tentang orang-orang Kufah yang bertasbih dengan kerikil di dalam masjid. Kemudian beliau mendatangi mereka dan menaruh kerikil di antara mereka, dan beliau mengeluarkan mereka dari masjid. Beliau berkata: "Kamu telah melakukan bid’ah yang zalim dan telah merasa lebih tahu daripada para sahabat Nabi Saw. 


Sanad atasar ini juga dhaif karena inqitha' (terputus) antara Sayyar Abi Al-Hakam dengan Abdullah bin Mas'ud. Karena Sayyar adalah tabi' tabi'in, sebagaimana disebutkan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam At-Tahdzib (4/291).


D. ATSAR KEEMPAT

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Wadhah al-Qurtubi:


حدثني إبراهيم بن محمد، عن حرملة، عن ابن وهب، قال: حدثني ابن سمعان قال: بلغنا عن ابن مسعود أنه رأى أناساً يسبحون بالحصى فقال : على الله تحصون ، سبقتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علماً ، أو لقد أحدثتم بدعة ظلماً. اهـ


Terjemah:

Telah disebutkan oleh Ibrahim bin Muhammad dari Harmalah dari Ibn Wahb, beliau berkata: "Telah menceritakan kepadaku Ibn Sam'an: telah sampai kepada kami bahwa Ibnu Mas'ud melihat orang-orang bertasbih dengan kerikil. Maka Ibnu Mas'ud berkata: "Apakah mereka menyebut-nyebut kebaikan di hadapan Allah dengan melakukan bid’ah yang zalim, atau apakah kamu merasa lebih tahu daripada para sahabatnya?"


Sanad atsar ini juga lemah karena dalam sanadnya terdapat Abdullah bin Ziyad bin Sam'an, yang merupakan seorang pendusta (kadzab).


Berkata Ibnu Abi Hatim dalam Jarh wat Ta'dil 5/60:


عن عبد الرحمن بن القاسم قال: سألت مالكاً عن بن سمعان فقال كذَّابٌ ... قال يحيى بن معين: حدثنا الحجاج بن محمد الأعور عن أبى عبيدة يعنى عبد الواحد بن واصل قال: كان عنده بن سمعان ومحمد بن إسحاق فقال بن سمعان: حدثني مجاهدٌ. فقال بن إسحاق: كَذَبَ والله، أنا أكبر منه، وما رأيت مجاهداً.اهـ


Terjemah:

Dari Abdurrahman aku bertanya kepada Malik tentang Ibnu Sam'an, maka beliau menjawab: "Ia adalah pendusta!". Dan berkata Yahya bin Ma'in: "Telah menceritakan kepada kami Al-Hajjaj bin Muhammad Al-A'war dari Abi Ubaidah yaitu Abdul Wahid bin Washil, berkata: Bahwa di samping beliau ada Ibnu Sam'an dan Muhammad bin Ishaq. Lalu Ibnu Sam'an berkata: 'Telah menceritakan kepadaku Mujahid. Maka berkata Ibnu Ishaq: 'Demi Allah, dia berdusta. Saya lebih tua darinya dan saya tidak pernah melihat Mujahid.'"


Setelah penjelasan di atas, dapat disimpulkan:


Seorang tabi'in bernama Abu Wail telah menafikan atsar tersebut. Beliau berkata: "Orang-orang yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu salah besar, karena Ibnu Mas'ud tidaklah duduk dalam suatu majelis kecuali beliau berdzikir di dalamnya."


PERHATIKAN PENDAPAT AHLI ILMU TENTANG ATSAR DI BAWAH INI

Al-Imam As-Suyuthi dalam kitab Al-Hawi lil Fatawa 1/379, berkata:


فإن قلت، فقد نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد. قلت: هذا الأثر عن ابن مسعود يحتاج إلى بيان سنده ومن أخرجه من الأئمة الحفاظ في كتبهم وعلى تقدير ثبوته فهو معارض بالأحاديث الكثيرة الثابتة المتقدمة وهي مقدمة عليه عند التعارض، ثم رأيت ما يقتضي إنكار ذلك عن ابن مسعود قال الإمام أحمد بن حنبل في كتاب الزهد ثنا حسين ابن محمد ثنا المسعودي عن عامر بن شقيق عن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه


Terjemah:

Kalau engkau berkata: "Telah dinuqil dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum membaca tahlil dengan mengeraskan suara di dalam masjid, lalu beliau berkata: 'Aku tidak melihat kalian kecuali ahli bid'ah' hingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid." 


Aku (As-Suyuthi) berkata:

"Atsar dari Ibnu Mas'ud ini perlu penjelasan tentang sanadnya dan siapa saja para imam yang meriwayatkan atsar ini dalam kitab mereka. Seandainya atsar ini shahih, maka atsar tersebut bertentangan dengan hadits-hadits yang telah disebutkan sebelumnya. Hadits-hadits tersebut harus didahulukan atas atsar ini ketika terjadi ta'arud (kontradiksi). Aku telah melihat hal yang membuatku mengingkari atsar dari Ibnu Mas'ud ini."


Telah berkata Al-Imam Ahmad bin Hanbal dalam kitab Az-Zuhd:


Telah menceritakan kepada kami Husain bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami Al-Mas'udi dari Amir bin Syaqiq dari Abu Wail, beliau berkata: "Mereka itu orang-orang yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu. Padahal tidaklah aku duduk bersama Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di dalam majlis tersebut."


Dan berkata Imam Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab Al-Fatawa Al-Fiqhiyah Al-Kubra 1/177:


: وأما ما نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد, فلم يصح عنه بل لم يرد; ومن ثم أخرج أحمد عن أبي وائل قال: هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ; ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه, والله سبحانه وتعالى أعلم بالصواب.انتهى


Terjemah:

"Adapun apa yang dinuqil dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir Lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid, lalu beliau berkata: 'Tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahli bid'ah' sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid."


Maka atsar ini tidak sahih dari beliau, bahkan tidak ada riwayatnya. Oleh sebab itu, Imam Ahmad meriwayatkan dari Abi Wail bahwa beliau berkata: "Mereka itu orang-orang yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu. Padahal tidaklah aku duduk bersama Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di dalamnya."


Dan berkata Al-Muhaddis Al-Munawi dalam kitab Faidul Qadir 1/457:


وأما ما نقل عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما اراكم إلا مبتدعين وأمر بإخراجهم فغير ثابت . وبفرض ثبوته يعارضه ما في كتاب الزهد لأحمد عن شقيق بن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالسته مجلسا قط إلا ذكر الله فيه.اهـ


Terjemah:

"Adapun apa yang dinuqil dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir Lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid, lalu beliau berkata: 'Tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahli bid'ah' sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid."


Maka atsar ini tidak tsabit (tetap), dan seandainya tsabit, maka ia bertentangan dengan apa yang terdapat dalam kitab Az-Zuhd karya Imam Ahmad dari Syaqiq bin Abi Wail, beliau berkata: "Mereka itu orang-orang yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu. Padahal tidaklah aku duduk bersama Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di dalamnya."


Berkata Al-Allamah Al-Alusi dalam kitab Ruhul Ma’ani 6/163:


وما ذكر في الواقعات عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما اراكم إلا مبتدعين حتى أخرجه من المسجد لا يصح عند الحفاظ من الأئمة المحدثين وعلى فرض صحته هو معارض بما يدل على ثبوت الجهر منه رضي الله تعالى عنه مما رواه غير واحد من الحفاظ أو محمول على الجهر البالغ


"Adapun apa yang disebutkan dalam peristiwa dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau melihat suatu kaum berdzikir Lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid, lalu beliau berkata: 'Tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahli bid'ah' sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid."


Maka atsar ini tidak sahih menurut para huffaz (penghafal hadits) dan para Imam Muhaddis. Seandainya atsar ini sahih, maka ia bertentangan dengan hadits-hadits yang menunjukkan bahwa dibolehkan mengeraskan dzikir (jahar), sebagaimana diriwayatkan oleh lebih dari satu orang dari kalangan huffaz.


Kemungkinan larangan tersebut ditujukan kepada orang yang terlalu mengeraskan suaranya dalam dzikir. [dutaislam.or.id/ab]

Iklan

close
Jasa Syair Arab